Cara memasang fungsi Screenshot ke dalam Aplikasi java

Cara memasang fitur Screenshot ke dalam aplikasi java ini sudah banyak yang membahas, namun apesnya masih saja ada yang bertanya cara memasangnya, bahkan ada pula yang belum tahu sama sekali, weh! weh! weeeeh…….!! bener bener Ndeso!! hah..haaa..!!. Oke, diriku akan membahas cara memasang fitur Screenshot ke dalam aplikasi java dengan sedikit lebih detail dan di lengkapi gambar-gambar, supaya mudah di mengerti terutama untuk orang ndeso!, hehe sory cak jangan marah ya masa baru di katain orang ndeso saja sudah marah, tenang saja kita ini friend, jangan di ambil hati, lagian diriku kan juga orang ndeso,

Nah tahap awal yang harus kamu pahami dulu adalah Kode nomor yang terdapat di setiap tombol ponsel, intinya sih tidak perlu di pahami cuma perlu di ketahui tiap-tiap tombol kemudian di catat agar tidak lupa, Nah bagaimana cara untuk mengetahui kode-kode nomor di tiap-tiap tombol itu? Oke, kita bisa menggunakan aplikasi java TestKey, atau aplikasi Calculator Calc4M atau bisa juga menggunakan Opera Mini modif Basic, atau daripada ribet mending catat kode-kode angka tombol ini saja deh,

Berikut ini Kode-kode angka tombol ponsel:

Tombol: 1Sym Kode angkanya: 49
Tombol: 2ABC Kode angkanya: 50
Tombol: 3DEF Kode angkanya: 51
Tombol: 4GHI Kode angkanya: 52
Tombol: 5JKL Kode angkanya: 53
Tombol: 6MNO AKode angkanya: 54
Tombol: 7PQRS Kode angkanya: 55
Tombol: 8TUV Kode angkanya: 56
Tombol: 5WXYZ Kode angkanya: 57
Tombol: 0+ Kode angkanya: 48
Tombol Tanda Bintang: * Kode angkanyah: 42
Tombol Tanda Pagar: # Kode angkanya: 35

Silakan di catat angka-angka di atas dan nama-nama tombolnya, dari mulai 49 hingga 35 dan kode-kode ANGKA untuk jenis tombol extra misalkan tombol C, Back, Call, Pilihan, Volume+ Volume- ,Camera, Navidasi DOWN-TOP-LEFT-RIGHT-FIRE, silakan kamu menggunakan salah satu aplikasi yang saya singgung di atas, untuk mengetahui nilai-nilaia angka tombol-tombol tersebut,

Nah jika sudah di catat, sekarang kita proses ke tahap berikutnya,

Step 1

Download dan install aplikasi java Screenshot Embedder.jar ke dalam ponselMU Klik di SINI (sory link nya rusah cari tempat lain saja ya :D)

Step 2

Download aplikasi java apa saja, misal Opera Mini 4.4 dalam format *.jar atau *.zip (jangan di install dulu) Simpan di folder Lain atau folder manapun boleh saja dengan catatan “Belum terinstall,” saya tetapkan ya di folder lain saja.

Step 3

Jalankan Aplikasi Screenshot Embedder,

Sekarang kamu sedang berada dalam aplikasi Screenshot Embedder sebagai awal pemakaian, yang harus kamu lakukan di sini adalah mengatur beberapa bagian, lihat gambar di bawah, (Klik gambar untuk melihat lebih jelas,)

Screenshot EmbedderItu adalah tampilan awal Aplikasi Screenshot Embedder, Tampilannya memang jadul, di samping jadul bahasanya juga amboradul,

Step 4

Coba tekan Pilihan dan Klik Set Lihat gambar di bawah.

Screenshot Embedder Maka kamu akan masuk ke halaman seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Screenshot Embedder

Step 5

Lakukan pengaturan secara manual untuk kolom di bawah Save Path: seperti tampak gambar di atas, tertulis file:///c:/videos/ itu berarti gambar screenshot akan di simpan ke dalam folder Videos dalam memory ponsel.

Jika ingin menyimpan hasil screenshot ke memory external, atau memory kartu yang harus kamu lakukan mengedit huruf “c” nya. Ganti dangan huruf “e” terus di dalam folder mana juga harus di edit manual, misalnya di folder buatan sendiri dengan nama anu maka hasil editan kamu menjadi… file:///e:/anu/

Jika menyimpan hasli screenshot ke dalam “sub folder,” misalnya didalam folder anu kamu bikin folder lagi dengan nama anu2 berarti hasil editan kamu menjadi… file:///e:/anu/anu2/ maka hasil gambar screenshot nanti akan tersimpan ke dalam folder anu2 (Setiap akhir nama folder wajib di beri tanda Garis Miring “/” )

Step 6

Lanjut ke Kolom di bawah Screenshot Key: perhatikan gambar di bawah di situ tertulis -36

Screenshot Embedder
-36 ini sebenarnya settingan Screenshot Embedder yang ada di ponsel diriku, dan kode -36 itu tombolnya berada di Volume+ untuk ponsel Sony Ericsson K530i milik diriku.

Nah sekarang keluarkan catatan kode nomor-nomor tombol tadi.

Sekarang pilih salah satu tombol yang akan di jadikan tombol Screenshot, Contoh: kamu milih tombol tanda bintang, Coba lihat berapa kode angka untuk tombol tanda bintang? 42 ya? hehe tumben kamu pinter… Oke silahkan masukkan angka 42

Step 7

Dan untuk setting angka pada kolom di bawah Set Key: ini silahkan isi dengan angka 42 juga, Ya sama seperti setting untuk Screenshot Key: sama-sama 42 perhatikan gambar di bawah.

Screenshot Embedder
Silakan Klik Save
Proses setting selesai dan aplikasi Screenshot Embedder siap di gunakan

Step 8

Jangan ke mana-mana Tetaplah di dalam aplikasi Screenshot Embedder usai melakukan penyetingan tadi secara otomatis kamu kembali ke halaman awal Screenshot Embedder.
Sekarang saatnya melakukan uji coba silahkan masuk ke root c:/ atau pada e:/ lihat gambar di bawah

Screenshot Embedder

Screenshot Embedder

Cari aplikasi yang hendak di kasih fitur Screenshot eh tadi kan sudah download Opera Mini 4.4 yang kamu simpan di folder lain? ya itu saja di cari, jika sudah ketemu, Klik saja, Contoh kalau di ponsel diriku, setelah menemukan aplikasi tinggal Klik dan akan terjadi proses seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Screenshot Embedder

Sedang memproses, (Klik gambar untuk melihat lebih jelas,)

Screenshot Embedder
Setelah selesai proses, silakan kamu keluar dari aplikasi Screenshot Embedder

Step 9

Silakan kamu masuk ke folder lain dan akan ada folder baru bernama Screenshotter Modded atau nama apa saja yang penting awalnya bernama Screenshotter silakan buka folder itu maka akan ada satu aplikasi Opera Mini 4.4 yang sudah ada fitur Screenshot nya, Lihat gambar di bawah, (Klik gambar untuk melihat lebih jelas,)

Screenshot Embedder

Dan tinggal Klik install deh, (Klik gambar untuk melihat lebih jelas,)

Screenshot Embedder

Step 10

Setelah Opeera Mini 4.4 sudah ter install coba deh tekan tanda bintang, jika berhasil akan ada notifikasi proses pengambilan gambar Screenshot yang akan otomatis tersimpan di folder yang sudah di tentukan sebelumnya, (di folder anu2,) untuk lebih pastinya silahkan di cek foldernya, Oke?

Oke deh silakan di coba ya semoga dengan tutorial ini kamu langsung paham,

Iklan

Posted on 14 Oktober 2012, in App Java and tagged . Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. maaf pertanyaan diluar jalur, apa mas udien punya aplikasi opmin handler untuk hp android? saya pake mito 9800 android OS Froyo.

  2. ada yg ajoy gx?
    cz jostick hpku patah

  3. Kalau untuk tombol call kodenya apa sob

  4. Post nya bermanfaat min, opera mini buatan admin sudah saya sisipkan fitur screenshotnya. Kunjungi saja url : http://sahabatkita.heck.in/download-aplikasi-opera-mini-v4-4-skin-g.xhtml .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: