7 Mitos Mengenai Lemak yang Dianggap Salah

7 Mitos Mengenai Lemak yang Dianggap SalahLemak sering kali dianggap sebagai obesitas serta biang dari jenis penyakit berbahaya yang lainnya. Akibatnya, banyak sekali wanita yang rela mati-matian untuk membuang lemak dari menu sehari-hari mereka. Padahal, ada sejumlah mitos tentang lemak yang
sebenarnya sesat. Apa sajakah itu? Simak liputannya.


1. Jangan Minum Susu Jika Ingin Kurus

Tubuh kita memang membutuhkan protein, vitamin (A dan D), mineral, serta suplai energi yang ada di dalam susu. Susu ini begitu baik karena memiliki kandungan kalsium tinggi. Dengan kekurangan kalsium, anda malah akan dekat dengan penyakit seperti osteoporosis dan kekurangan produksi
hormon yang berguna mengurangi lemak dalam tubuh. Untuk itulah, anda disarankan untuk minum susu setidaknya satu atau dua kali sehari. Untuk perempuan yang masih berumur di bawah 30 tahun diperbolehkan untuk mengonsumsi susu full cream. Sementra untuk wanita yang sudah berusia di
atas 30 tahun disarankan untuk mengonsumsi susu low fat.

2. Avokad adalah Jenis “Buah Terlarang”

Lemak di dalam avokad sendiri adalah lemak omega-9, yang ternyata lemak baik dan memiliki kemampuan untuk menekan kadar kolesterol jahal (LDL). Avokad juga memiliki banyak serat yang berguna untuk menyerap kelebihan LDL dan akan membuatnya bersamaan dengan sisa-sisa
pembakaran. Avokad ini juga memiliki kalium yang memiliki khasiat sebagai penstabil debar jantung dan tekanan darah. Selain itu, juga berfungsi untuk memelihara kesehatan sistem saraf. Avokad diperkaya dengan vitamin E dan B yang berguna untuk menjaga memperkuat imunitas tubuh,
kesehatan kulit, serta mencegah penuaan sejak dini. Anda disarankan untuk mengonsumsi avokad tanpa perlu ditambahkan apapun seperti gula, susu ataupun coklat. Avokad ini sendiri juga cocok untuk mengganti mentega untuk melapisi roti.

3. Mentega Lebih Baik daripada Minyak Goreng

Mentega memang terbuat dari krim susu sehingga memiliki kandungan kolestor yang tinggi jika dibandingkan dengan minyak goreng. Minyak goreng sendiri dibuat dari minyak zaitun, minyak kanola, atau minyak wijen. Walaupun minyak goreng nabati memiliki banyak lemak jika dibandingkan
mentega, sebagian besar lemak yang ada di dalamnya mudah diuraikan oleh tubuh. Jadi, tips terbaik adalah anda perlu menghindari makanan yang digoreng. Lebih baik, pilihlah makanan yang direbus, ditumis ataupun dikukus.

4. Mengkonsumsi Telur Banyak = Aman

Banyak olahragawan yang mengonsumsi telur untuk mendapatkan tubuh yang berotot. Namun, walupun demikian mereka memiliki panduan diet dimana mereka juga perlu membatasi konsumsi telur dan perlu mengimbangi dengan asupan nutrisi lain. Telur memang memiliki banyak sekali kandungan
zat gizi, seperti asam amino esensial, vitamin B-kompleks, mineral (besi, fosfor, dan kalsium). Namun, meskipun memiliki kandungan banyak gizi, kolesterol yang dimiliki telur juga tinggi sehingga untuk mengkonsumsinya juga perlu dibatasi. Jadi, tips terbaiknya adalah anda disarankan untuk memakan
telur dua butir saja setiap minggu. Bersamaan dengan itu, konsumsilah sayur-sayuran yang memiliki kandungan vitamin A, D, E, serta K demi melarutkan lemak.

5. Tidak Memakan Daging Membuat Tubuh Langsing

Daging adalah bahan pangan yang mengandung banyak protein dan asam amino esensial yang penting untuk tubuh. Di dalam daging ikan juga terdapat kandungan lemak omega-3 yang memiliki kegunaan untuk menyembuhkan penyakit jantung dan omega-6 yang dapat mengatasi retensi,
pembakaran energi dalam tubuh, serta penyakit jantung koroner. Tips terbaiknya adalah perbanyaklah untuk mengonsumsi ikan karena itu lebih baik dibandingkan daging ayam dan sapi. Lalu, buanglah kulit serta bagian-bagian yang memiliki lemah. Jika anda ingin menikmati steak, hindarlah T-bone
atau steak prime yang mempunyai kandungan banyak lemak.

6. Es Krim Membuat Badan Melar

Es krim memang memiliki bahan dasar susu yang mengandung lemak serta kolesterol dengan jumlah yang bervariasi. Namun, perlu anda tahu bahwa di dalam es krim terdapat lemak, kolesterol, mineral (kalsium, natrium, magnesium, kalium, besi, seng, serta iodium), protein, dan juga kaya oleh
vitamin A, B, D, dan E. Dengan kalsium, akan meningkatkan produksi hormon yang dapat menguraikan lemak dalam tubuh.tips terbaiknya adalah pilihlah es krim yang memiliki kandungan rendah lemak, sorbet, atau gelato. Saran terbaik adalah anda bisa menikmati es krim dengan memakan buah.

7. Kacang-kacangan adalah Camilan yang Dapat Menggemukkan

Penelitian di Purdue University mengungkapkan bahwa kacang-kacangan dapat mendatangkan kenyang lebih lama jika dibandingkan dengan camilan diet seperti biscuit beras meskipun dalam jumlah yang sama. Kacang memiliki kandungan lemak omega-9 yang dapat menurunkan level LDL. Kacang
almon, hazelnut, dan walnut juga memiliki kandungan asam amino arginine yang dapat menurunkan tekanan darah serta memperlebar pembuluh darah arteri. Oleh karena itu, sebaiknuya anda disarankan untuk mengemil kacang setidaknya lima kali dalam seminggu sebanyak satu bungkus yang
akan mengurangi resiko penyakit jantung. Namun, konsumsilah kacang yang dipanggang.

[Sumber]

Iklan

Posted on 5 November 2012, in Misteri and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: