Pemerintah Akan Kenakan Cukai Pada Pulsa Ponsel

Pemerintah berencana menjadikan pulsa telpon seluler sebagai barang kena cukai. Hal ini dikarenakan penggunaan telpon seluler berbahaya untuk kesehatan dalam jangka waktu panjang.

Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Bambang Brodjonegoro, mengatakan pemerintah juga berencana mengenakan cukai kepada emisi kendaraan bermotor dan limbah pabrik.

“Saat ini rencana tersebut masih dalam kajian maka detail seperti besarannya belum dapat ditetapkan,” ujarnya saat rapat bersama Komisi XI DPR di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/12).

Bambang melanjutkan penggunaan telepon seluler lebih dari 10 tahun akan menggandakan resiko kanker otak. Radiasi telepon seluler dapat memicu kanker otak, tumor sel saraf pendengaran, tumor kelenjarsaliva, leukemia dan limfoma.

Negara Amerika Serikat, India, Tajikistan, Estonia, Rumania, Serbia dan Slovenia juga telah menerapkan kebijakan ini. “Cukai sebagai instrumen untuk membatasi pemakaian pulsa telepon seluler,” tuturnya.

Emisi kendaraan bermotor akan dikenakan cukai dikarenakan emisi CO2 dan gas pencemar lainnya berdampak negatif bagi kesehatan, pemanasan global dan perubahan iklim. Kendaraan bermotor juga menyebabkankemacetan dan membengkaknya subsidi bahan bakar minyak (BBM).

Pengenaan cukai kendaraan bermotor dihitung pada saat kendaraan memeriksakan emisi gasnya. “Negara yang telah menerapkan ini adalah Thailand, Korea Selatan, Singapura, Malaysia dan Fillipina,” tuturnya.

Sementara untuk limbah pabrik dikenakan cukai karena mencemarkan lingkungan hidup sehingga berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Negara yang mengenakan ini terdapat di 27 negara Uni Eropa terhadap energi, transportasi, polusi dan sumber daya.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Iklan

Posted on 11 Desember 2012, in Peristiwa. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: