Ini Dia, Penyebab Internet Indonesia Lambat

Jakarta ~Dari 63 juta pengguna internet di Indonesia—yang diketahui lewat survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) selama April-Juli 2012—sebagian besar atau sekitar 73 persen disebutkan—mengakses internet menggunakan perangkat mobile.

Ketua Umum APJII Sammy Pangerapan pun mengatakan bahwa perangkat mobile berandil besar meningkatkan jumlah pengguna internet di Indonesia dari 30 juta orang pada 2009 menjadi 55 juta orang pada 2012. Akan tetapi, peralihan tahun berikutnya dari 2011 ke 2012 hanya mencatat kenaikan jumlah pengguna internet sebesar 8 juta orang menjadi 63 juta.

Menurut Sammy, hal tersebut disebabkan oleh semakin padatnya jaringan seluler 3G yang digunakan perangkat mobile untuk mengakses internet. “Tahun 2012 sudah banyak smartphone, tetapi pertumbuhan melambat dibanding tahun-tahun sebelumnya karena spektrum sudah saturated, tidak bisa dipaksakan,” ujar Sammy dalam acara APJII Internet Outlook 2013 di Jakarta, Rabu (12/12/2012).

Agar laju pertumbuhan penetrasi internet di Indonesia bisa dipertahankan, lanjut Sammy, pemerintah harus menyediakan jalur tambahan, antara lain, melalui kanal 4G LTE, Wimax, dan Fiber to the Home (FttH). Hal lain yang juga perlu dilakukan adalah bermigrasi dari Internet Protocol Version 4 (IPv4) ke IPv6.

Dari sisi operator, menurut dia, salah satu cara untuk mengatasi kepadatan ini adalah dengan menyelenggarakan offload beban jaringan mobile ke WiFi melalui kerja sama dengan provider internet. “Yang paling penting itu adalah last mile. Biaya akses antarpelanggan dan operator yang menyelenggarakan akses internet masih mahal,” tandas Sammy.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

[Sumber]

Iklan

Posted on 13 Desember 2012, in Internet. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: