Wah..! Kereta uap kuno akan dioperasikan di Solo tahun depan

SOLO– Kereta api uap kuno Jaladara yang sedang dalam perbaikan karena ketel uapnya rusak akan kembali beroperasi menyusuri jalur rel di Solo tahun 2013.

“Mudah-mudahan awal tahun ini sudah jadi dan bisa dioperasikan kembali seperti semula,” kata Wakil Kepala Daerah Operasi VI PT KAI Yogyakarta Sri Astuti di sela pemancangan tugu bangunan benda cagar budaya di Stasiun Kereta Api Jebres, Solo, Jumat.

Operasi kereta api uap kuno buatan tahun 1887 itu, menurut dia, membutuhkan perlakuan khusus. Bahan bakarnya pun harus kayu jati yang sudah tua.

Executive Vice President Pusat Pelestarian dan Benda Bersejarah PT KAI Ella Ubaidi mengatakan, pengoperasian kereta uap kuno ditujukan untuk membantu promosi pariwisata budaya di Kota Solo.

“Di Solo ini kan banyak peninggalan-peninggalan benda bersejarah dan budaya di masa lalu, maka akan sangat lengkap dan bagus kalau dilengkapi dengan pengoperasian kereta uap kuno ini, untuk pariwisata,” katanya.

Lokomotif uap kuno yang pada masa lalu digunakan untuk menarik kayu itu sebelumnya disimpan di Museum Kereta Api Ambarawa. Setelah perbaikan selesai, kereta api itu akan dibawa ke Solo.

“Kereta api ini ada dua yang satu sekarang berada di Solo dan satunya berada di Belanda… Banyak orang terkagum-kagum kereta api uap ini masih bida dioperasikan… Ini kereta api uap kuno satu-satunya yang masih beroperasi,” kata Ella.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Posted on 14 Desember 2012, in Dunia. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: