Kiamat 2012, Lima Situs Maya Ini Wajib Dikunjungi Gan

Jakarta – Spekulasi tentang kiamat suku Maya di 2012 masih terus berjalan. Sudah banyak cerita tentang bantahan terjadinya akhir dunia pada 21 Desember 2012, baik dari ilmuwan, gereja, hingga
masih mempersiapkan datangnya kiamat dengan caranya sendiri, mulai dari membangun bungker, membeli masker gas, hingga sedia makanan bertahan hidup.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menyambut kiamat dari suku asli di selatan Meksiko dan Guatemala ini, yaitu menyambangi situs sejarah mereka. Berikut lima situs Maya yang bisa menjadi tempat terbaik untuk merayakan pergantian kalender suku yang
membangun peradabannya di atas bukit itu.

1. Iximche
Bekas ibu kota kekaisaran K’acchikel ini berada di dataran tinggi Guatemala. Daerahnya menjadi pusat kerajaan K’acchikel dari 1470-1524. Sisa-sisa kejayaan bangsa Maya terlihat dengan candi berwujud piramida, istana, dan dua bangunan pengadilan ala
Mesoamerikan.

Situs ini dideklarasikan sebagai hak milik Museum Nasional Guatemala pada 1960. Sejak 1980, tempat ini menjadi lokasi pertemuan antara pemimpin suku Maya dan pemberontak Guatemala untuk membuat deklarasi lximche yang menyuarakan hak masyarakat
adat.

Iximche berada sejauh 3 kilometer di sebelah selatan Kota Tecpan dan 90 kilometer dari sebelah barat Kota Guatemala.

2. Chichen Itza
Daerah ini adalah kota yang besar dan dibangun sebelum berdirinya Kolombia. Lokasi Chichen Itza berada di kotamadya Tinum, Yucatan, Meksiko. Daerah ini merupakan titik pertemuan utama antara suku Maya yang tinggal di dataran rendah.

Pengunjung di kawasan ini bisa melihat aneka bangunan berasitektur seperti yang mereka lihat di Meksiko Tengah. Bangunan-bangunan kuno dengan gaya dari suku Puuc dan Cheenes, suku Maya yang tinggal di dataran rendah di kawasan utara. Status bangunan di Chichen Itza awalnya dimiliki swasta. Hingga pada 2010, hak miliknya diambil alih oleh pemerintah Meksiko, tapi dikelola oleh Institut Nasional Antropologi dan Sejarah.

Setiap tahun tercatat ada 1,3 juta wisatawan yang mengunjungi Chichen Itza. Jika berkunjung ke kawasan ini, jangan lupa menyambangi El Castillo atau Candi Kulkulkan yang memiliki anak tangga sebanyak 365 buah. Anak tangga ini melambangkan jumlah hari dalam setahun. Reruntuhan anak tangga itu menandakan bahwa bangsa Maya menganggap penting kalender dalam kehidupan mereka.

3. Caracol
Tempat ini adalah situs arkeologi kuno Maya terbesar di Belize. Lokasinya berada 40 kilometer di selatan Kota Xunantunich, Kabupaten Cayo, Belize.

Situs ini adalah satu di antara situs terpenting sebagai pusat politik suku Maya dataran rendah pada periode Klasik. Tempat ini memiliki 53 monumen batu berukir, dan 250 makam kuno dengan 200 monumen lainnya.

4. Copan
Kawasan ini adalah ibu kota suku Maya pada periode Klasik. Lokasinya berada di kawasan barat Honduras, dekat perbatasan Guatemala.

Copan selama ini dikenal sebagai kawasan pemerintahan yang saling berdekatan. Ada jalan di pusat kota dengan plaza besar di tengah-tengah yang berdampingan dengan bangunan Acropolis. Acropolis adalah sebuah kompleks besar yang dikenal dengan bentuk piramida yang tumpang-tindih dengan plaza dan istana.

Pusat situs ini adalah tempat Acropolis itu berada. Sebuah lokasi yang memiliki terowongan luas dari penggalian arkeologi. Bangunan awal Acropolis dibuat dari batu dan batako.

5. Tikal
Tikal didapuk sebagai ibu kota dari negara-negara jajahan bangsa Maya. Kota ini kemudian jadi salah satu kekuatan kerajaan kuno suku Maya. Sekarang kawasan Tikal menjadi bagian dari Taman Nasional Guatemala dan sudah didaftarkan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada 1979.
Arsitektur Tikal terbuat dari batu kapur. Di dalamnya ada sejumlah piramida kecil-kecil, istana, permukiman, gedung administrasi, dan monumen batu tertulis.

Jadi, bagi orang-orang yang ingin menikmati pergantian tahun ala Kalender Maya dengan suasana asli, kunjungilah lima situs itu.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

[Sumber]

Iklan

Posted on 17 Desember 2012, in Dunia, Peristiwa. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: