Inilah Kabar Kiamat 21 Desember 2012 Yang ternyata Hoax

Kabar yang mengatakan kiamat terjadi pada 21 Desember 2012 besok tidak berdasar dan hanya isapan jempol belaka.
Dihubungi, Kamis (20/12), peneliti Lapan Thomas Jamaluddin mengatakan itu. Kabar itu muncul karena interpretasi keliru terhadap kalender Suku Maya di Peru yang menyatakan tanggal
terakhir di dalamnya ialah 21 Desember 2012.

“Logika sistem kalender ialah jika kalender itu habis akan dimulai penanggalan baru. Karenanya, muncul kabar itu,” jelasnya. Kabar itu bahkan dikatakan Thomas dibantah Suku Maya sendiri. Kabar itu hanyalah ramalan yang muncul dari fiksi yang ditambahi isu-isu lain sehingga menghebohkan banyak orang. Isu tentang badai matahari disebut Thomas tidak ada hubungannya dengan hari kiamat. Badai matahari merupakan keadaan normal dengan terjadinya ledakan akibat medan magnetik di matahari.

“Ledakan badai matahari tidak berbahaya dan tidak akan begitu saja menembus bumi karena bumi memiliki dua lapisan, yaitu atmosfer (udara) dan magnetosfer (magnet) yang melindungi bumi,” cetusnya. Kedua lapisan itu tidak mudah ditembus. Badai matahari hanya berdampak pada sistem satelit, sistem komunikasi radio, dan daerah-daerah dekat kutub karena ada induksi magnetik yang menyebabkan peningkatan muatan listrik.

Thomas mengatakan biasanya sebelum terjadi badai matahari, para operator satelit akan diberitahu untuk mempersiapkan diri.

“Fase terjadinya badai matahari berlangsung dalam kurun waktu sekitar 11 tahun sekali. Tahun ini sudah terjadi, namun belum mencapai puncaknya,” urai Thomas. Puncak terjadinya badai matahari diperkirakan bergeser pada 2013.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

[Sumber]

Iklan

Posted on 20 Desember 2012, in Dunia, Peristiwa. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Reblogged this on toffaayeah and commented:
    baca donk ini! udah deh yg tau KIAMAT itu HANYA TUHAN!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: