Candi Kuno Peninggalan Suku Maya Di Rusak oleh Wisatawan

Kehadiran wisatawan di Guatemala untuk menghadiri pesta “Akhir Dunia” telah merusak candi batu kuno di Tikal, sebuah situs arkeologis terbesar dan pusat urban peradaban Maya.

“Sayangnya, banyak wisatawan memanjat Candi II dan menyebabkan kerusakan,” kata Osvaldo Gomez, penasihat teknis situs yang berlokasi sekitar 550 kilometer utara Guatemala City.

“Kami sebenarnya mengizinkan perayaan itu, namun (wisatawan) harus lebih sadar karena ini adalah situs warisan dunia (dari UNESCO),” kata dia kepada media lokal. Gomez tidak mengungkapkan secara spesifik apa yang dilakukan para turis tersebut, meskipun dia mengatakan bahwa memanjat tangga di situs adalah tindakan terlarang dan mengindikasikan akibat kerusakan itu tidak bisa diperbaiki.

Candi II, dengan tinggi sekitar 38 meter dan menghadap pusat plaza Tikal, dikenal mempunyai struktur terbaik di situs itu. Jumat lalu menandai akhir dari sebuah era yang bertahan selama 5.200 tahun menurut kalender Maya “Long Count”. Beberapa orang percaya tanggal itu adalah akhir dari dunia sebagaimana dikatakan dalam huruf hieroglif Maya.

Lebih dari 7.000 orang mengunjungi Tikal pada Jumat, untuk melihat pemimpin agama keturunan Maya asli mengadakan upacara yang meriah dan menyalakan kembang api saat fajar era baru mulai menyingsing. Para pengamat memprotes acara tersebut yang sepenuhnya untuk wasatawan dan hanya sedikit berkaitan dengan penduduk Maya. Sekitar 42 persen dari 14,3 juta penduduk Guatemala adalah keturunan Maya dan sebagian besar hidup dalam kemiskinan dan harus menghadapi diskriminasi.

Kerajaan Maya kuno mengalami masa kejayaan di Amerika Tengah antara tahun 250 sampai 900 sebelum Masehi. UNESCO kemudian mendeklarasikan Tikal sebagai situs warisan dunia pada 1979.

Baca Artikel Menarik Lainnya:
Iklan

Posted on 24 Desember 2012, in Dunia. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Reblogged this on toffaayeah and commented:
    wah apa iya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: