Menyuntikan Alkohol ke Jantung Bantu Selamatkan Nyawa Pria Gaek

Pengobatan langka ini dipilih dokter di Inggris untuk menyelamatkan nyawa pasien penderita gangguan jantung. Dokter menggunakan alkohol untuk menginduksi serangan jantung yang dikendalikan.

Dengan alkohol itu, dokter membunuh bagian dari jantung pasien. Usai disuntik alkohol, pasien bisa keluar dalam waktu tiga hari. Kardiolog Dr Tom Johnson mengatakan, pasiennya Aldom Ronald tidak akan pernah meninggalkan Bristol Heart Institute jika kondisinya belum dapat diobati. Ronald (77 tahun) menderita irama jantung yang mengancam kehidupannya. Penyakitnya itu dikenal dengan ventricular tachycardia (VT) yang terjadi akibat serangan jantung sebelumnya.

Tim Ahli Bedah mencoba mengobati kondisi pasien dengan menggunakan prosedur standar tetapi tidak aman dilakukan. Akhirnya tim memutuskan mengobati Ronald, pria dari Portishead dekat Bristol, dengan “ablasi etanol”.
Ablasi merupakan suatu tindakan untuk mengatasi gangguan irama jantung (aritmia) dengan menggunakan kateter yang dimasukkan ke dalam ruang jantung. Lalu kateter dihubungkan dengan mesin khusus yang memberikan energi listrik untuk memutus jalur konduksi tambahan ataupun fokus-fokus aritmia yang menyebabkan ketidaknormalan irama jantung.

Menurut Johnson, pengobatan ini baru dilakukan di Inggris untuk mengobati VT. Prosedur itu dengan memasukkan kateter ke jantung dari pangkal paha yang mengidentifikasi bagian mana dari jantung dengan irama berbahaya berasal. Sebuah balon kecil kemudian diledakkan di dalam arteri jantung yang memasok ke daerah itu dan sejumlah kecil alkohol yang disuntikkan ke arteri menghasilkan serangan jantung kecil yang dikendalikan.

Cara ini membunuh daerah di otot jantung yang menyebabkan masalah irama jantung akan kembali normal.
Dr Johnson, seorang ahli jantung, mengatakan Ronald beberapa bulan yang lalu mengalami gangguan yang mengancam jiwa karena gangguan jenis irama, VT, yang terkait dengan kerusakan yang dilakukan ke jantung – bekas luka yang berhubungan dengan serangan jantung sebelumnya.

“Defibrillator yang ada mencoba dan mencegah Anda jatuh mati di masyarakat, mereka membuat jantung melakukan hal yang tidak biasa. Jika jantung Anda melakukan sesuatu yang tidak biasa seperti bergerak sangat, sangat cepat, pertama-tama itu akan mencoba dan memacu Anda keluar dari irama – ia akan mencoba dan menekan aktivitas di dalam jantung”.

“Jika itu gagal itu akan benar-benar menjadi kejutan energi terlarang di jantung yang diharapkan meluruskan hal-hal yang keluar dan menempatkan Anda kembali ke irama normal”.

“Ini berpotensi membuat pasien agak sulit hidup dengannya karena ada ancaman bahwa hal itu bisa mati dan ketika itu mati dada seperti ditendang”. Ronald mengatakan, ia dirawat di rumah sakit setelah implan defibrillator nya (ICD) memberinya “badai guncangan”.

“Saya punya ICD yang dipasang sekitar 10 tahun yang lalu setelah saya dua kali operasi by-pass di rumah sakit. Perangkat ini membuat jantung saya kaget ketika iramanya menjadi tidak normal, saya memiliki sekitar 30 guncangan dan tahu ada sesuatu yang salah,” kata Ronald seperti dikutip Mirror, Rabu (26/12/2012). Dr Johnson mengatakan, tim medis berusaha untuk mengobati detak jantung yang tidak teratur dengan obat-obatan dan ‘ablasi listrik’ untuk membakarnya atau membunuh daerah otot yang menghasilkan detak jantung tidak teratur. Tapi dokter tidak dapat melakukan prosedur tersebut sehingga memutuskan melakukan ‘ablasi etanol’.

“Alternatifnya adalah irama jantungnya yang tidak teratur akan mati,” katanya. Dr Johnson sebelumnya telah melakukan prosedur ini untuk pasien dengan kardiomiopati hipertrofik, suatu kondisi otot jantung menjadi tebal. Tapi ini menjadi yang pertama untuk mengobati VT.

“Pasien melakukannya sangat baik dan jauh lebih baik,” katanya.
Sementara Ronald mengatakan, setelah prosedur langka itu ia bisa keluar dari rumah sakit.”Saya pikir ini luar biasa bahwa dokter mencoba segalanya untuk membantu saya Jika mereka tidak melakukan hal ini saya tidak akan berada di sini sekarang.

Baca Artikel Menarik Lainnya:
Iklan

Posted on 26 Desember 2012, in Dunia, Peristiwa, Unik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: