Planet Paling Mirip dengan Bumi Diumumkan 2013

Setelah melalui berbagai upaya, para ilmuwan menyatakan optimisme bahwa mereka mampu menemukan planet dengan struktur menyerupai bumi pada tahun depan.

Ini tentu merupakan sebuah penemuan yang berpengaruh besar terhadap kelanjutan hidup manusia di alam semesta. Sebelumnya, astronom memang telah menemukan sejumlah exoplanets atau planet mirip bumi selama beberapa tahun terakhir.

Planet-planet tersebut memiliki satu atau dua ciri-ciri kunci dengan planet kita sendiri seperti ukuran atau suhu permukaan. Namun, hingga kini belum ada yang benar-benar sesuai untuk
ditinggali manusia. Tapi itu harus berubah pada 2013, tegas para ilmuwan.
“Saya sangat optimis bahwa planet mirip Bumi pertama akan ditemukan tahun depan,” kata Abel Mendez, yang bekerja di Laboratorium Habitability Planetary di University of Puerto Rico
di Arecibo. Para astronom menemukan planet ekstrasurya pertama yang mengorbit bintang seperti Matahari pada 1995. Semenjak itu, para ilmuwan telah menemukan lebih dari 800 planet di luar tata surya kita dan ada pula banyak kandidat yang menunggu konfirmasi untuk tindak lanjut pengamatan.

Setiap kali planet mirip Bumi pertama ditemukan, penemuan tersebut pun memiliki efek mendalam pada kemanusiaan. Namun, tak satu pun penemuan exoplanets mampu disebut sebagai kembaran Bumi. Segelintir planet berukuran Bumi memiliki orbit terlalu dekat dengan bintang-bintang sehingga kurang cocok untuk kehidupan.

Tapi itu, menurut Mendez, itu hanyalah soal waktu sebelum akhirnya sebuah planet kecil berbatu terlihat di zona layak huni. Mendez juga bukan satu-satunyA peneliti yang optimistis.

“Planet pertama dengan ukuran, orbit, dan struktur yang cocok kehidupan manusia mungkin akan diumumkan pada 2013,” kata Geoff Marcy, seorang pemburu planet veteran di University of California, Berkeley, dan anggota tim Kepler.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Posted on 29 Desember 2012, in Dunia. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: