Duh, 20 Guru di Daerah Terpencil Ini Sembilan Bulan tanpa Gaji

Purwakarta – Nasib malang menimpa 20 Guru Tidak Tetap (GTT) yang mengajar di daerah terpencil di SMA Sukasari, Purwakarta, Jawa Barat. Selama 9 bulan belum mendapatkan gaji mereka. Guru tersebut tetap mengabdi, meski untuk menuju sekolah harus naik perahu selama 1 jam lebih serta membayar sewa perahu sebesar Rp50.000 satu kali jalan.

SMA Sukasari, Purwakarta, Jawa Barat memiliki 22 orang guru, 20 orang di antaranya guru yang berstatus GTT. Dua guru lainnya berstatus PNS. Namun malang, 20 GTT tersebut sudah 9 bulan ini belum mendapatkan sepeser pun yang menjadi hak mereka. Padahal tanpa GTT di sekolah di daerah terpencil tersebut tidak ada guru PNS yang mau mengajar.

“Ya, emang kami hanya GTT, yang tidak mempunyai gaji rutin seperti PNS, tapi sebelumnya kami mendapatkan gaji. Sudah 9 bulan ini tidak mendapatkan lagi, meski sudah diusulkan hingga kini belum ada perhatian dari Pemerintah Daerah,” kata Salim, salah seorang GTT kepada Media Indonesia.
Untuk menuju sekolah, perjuangan para guru juga tidak sedikit. Mereka harus naik perahu dari Kampung Servis ke Sukasari yang mencapai 1 jam lebih di air yang harga sewa sebesar
Rp50.000 satu kali jalan.

Apabila menggunakan jalan darat biaya transportasi lebih mahal Rp 75.000 ongkos ojek. Keberadaan sekolah SMA Sukasari sendiri kondisinya sangat memprihatinkan, selain masih berlantai tanah, belum beratap dan jendela, tidak jarang ruangan kelas menjadi kandang kambing.

Para guru berharap Pemerintah lebih memperhatikan sekolah sekolah yang ada di daerah tepencil.

Baca Artikel Menarik Lainnya:
Iklan

Posted on 25 Januari 2013, in Peristiwa. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: