Misteri Tengkorak Raja Richard III Inggris Terungkap

Raja Richard III disebutkan tewas dalam usia 32 tahun.

Teka-teki seputar kerangka yang terkubur di sebuah lapangan parkir dewan kota di Leicester, Inggris telah terungkap. Para arkeolog mengkonfirmasi bahwa tengkorak yang ditemukan merupakan kerangka Raja Inggris Richard III.

Keyakinan ini didapat setelah para ahli dari dari University of Leicester mengatakan DNA dari tulang tersebut cocok dengan keturunan keluarga raja.
“Tanpa keraguan bahwa itu adalah Raja Richard,” kata Richard Buckley, dari Universitas Leicester, pimpinan arkeolog yang meneliti kerangka tersebut seperti dilansir BBC, Selasa 5 Febuari 2013.

Kerangka Richard III ditemukan terdapat 10 luka-luka. Tulang itu diperkirakan milik seorang pria berusia 20-30 tahun dan telah diujikarbon menunjukkan periode 1455-1540.

“Pertanyaannya yaitu, bisakah kami mendapatkan sampel DNA untuk mengerjakan kerangka dan saya sangat senang untuk memberitahu kepada Anda bahwa kami bisa,” ujar Dr Turi King, ahli proyek genetika.

“Ada kecocokan antara DNA ibu dari keturunan keluarga Richard III dan cocok dengan sisa kerangka yang kami temukan di penggalian Greyfriars. Singkatnya, bukti DNA tersebut menunjukkan sisa-sisa Richard III,” Turi King menegaskan.

Pada 22 Agustus 1485, Raja Richard III kalah dalam perang Bosworth. Raja Richard III disebutkan tewas dalam usia 32 tahun di sebuah pertempuran Bosworth pada 1485. Tubuhnya yang tak bernyawa diperlakukan tak hormat, ditelanjangi.

Jasadnya lalu dimakamkan di gereja di Biara Fransiskan, yang disebut Grey Friars. Tapi saat bangunan ini dihancurkan pada abad ke-16, lokasi tepat makamnya menjadi tidak menentu dan akhirnya dilupakan.

Meskipun demikian, tim pegiat dan sejarawan menelusuri wilayah yang mungkin menjadi tempat penguburannya. Dan tak kalah penting, mereka juga menemukan keturunan ke-17 generasi adik Richard dengan DNA yang mereka bisa bandingkan setiap sisa-sia pemulihan.

Sebelumnya, penggalian taman parkir di dewan kota sudah dilakukan pada Agustus 2012, penggalian ini dengan cepat mengidentifikasi bangunan yang terhubung ke gereja. Pada awal penggalian, di bawah gereja, ditemukan tulang-tulang tersebut. Kerangka Richard akan dikuburkan kembali di Leicester Cathedral.

Baca Artikel Menarik Lainnya:
Iklan

Posted on 5 Februari 2013, in Misteri. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. informasi yg unik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: