PHOTO: Unik! Simbol “Cinta” Bertebaran di Permukaan Planet Mars

Simbol hati, yang dianggap ekspresi cinta dan kasih sayang tak hanya bertebaran di muka Bumi, terutama jelang Hari Valentine. Tapi juga di luar planet manusia.

Terutama di Mars, planet tetangga. Simbol cinta di permukaan “planet merah” beberapa kali diabadikan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Salah satunya oleh instrumen Context Camera yang terpasang pada pesawat Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA.

Simbol cinta membentang sepanjang 1 kilometer di wilayah Arabia Terra di belahan utara Mars. Foto itu diambil pada 23 Mei 2010 lalu.

Seperti dimuat situs NASA, diduga kuat, kawah kecil dekat ujung bawah simbol cinta itu, adalah pihak yang bertanggung jawab membentuk formasi tersebut.

Ketika terjadi benturan benda langit ke permukaan Mars — yang membentuk kawah itu, materi gelap di permukaan tersingkir, mengungkap material yang lebih cerah di bagian bawah. Kebetulan membentuk simbol hati.

Bentuk cinta lainnya juga diabadikan kamera pada pesawat Mars Global Surveyor (MGS) yang diluncurkan pada November 1996.

Seperti dimuat situs Universe Today, simbol hati terletak di sisi timur gunung Alba Patera di utara Tharsis.

Berupa lubang yang terbentuk akibat runtuhnya palung berdinding lurus, atau dalam istilah geologi disebut graben. Graben terbentuk di sepanjang jalur patahan oleh perluasan daerah batuan dasar

Mars Global Surveyor juga merekam 10 bentuk cinta dari sisi permukaan Mars yang berbeda sejak tahun 2001 hingga 2004.

Pesawat bikinan Laboratorium Jet Propulsion NASA, yang hilang kontak pada 2 November 2006 lalu, juga mengabadikan bentuk permukaan tanah di Mars yang membentuk simbol hati. Mirip sekotak coklat! (Ein)

nasa, mars, sains

Baca Artikel Menarik Lainnya:
Iklan

Posted on 8 Februari 2013, in Photo, Unik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: