Tips Aman Memakai Lensa Kontak

Saat ini, memakai lensa kontak sudah menjadi gaya hidup yang populer di kalangan masyarakat perkotaan. Lensa kontak yang tadinya dipakai sebagai ganti kacamata saat ini telah berubah fungsi sebagai salah satu bentuk aksesoris mata.

Berbagai tampilan warna lensa kontak banyak dicari sebagai cara untuk memperindah mata. Bahkan saat ini banyak terdapat lensa kontak dengan diameter yang cukup besar dari lensa kontak biasa yang jika dipakai dapat membuat mata Anda telihat lebih besar dan indah.

Apapun tujuannya, memakai lensa kontak tetap suatu hal yang perlu diperhatikan kebersihannya. Hal tersebut dikarenakan mata adalah salah satu bagian tubuh yang sensitif yang dimiliki oleh manusia. Untuk itu, simak beberapa tips memakai lensa kontak yang aman dan sehat seperti dilansir laman

1. Selalu mencuci tangan sebelum memakai atau mengeluarkan lensa kontak Anda. Menyentuh mata dengan jari-jari tangan yang banyak mengandung kuman dapat menyebabkan infeksi mata seperti mata kemerahan dan mata berair.

2. Jika Anda menderita alergi, memakai lensa kontak dapat memperburuk gejala karena alergen seperti serbuk sari dan ketombe dapat menempel pada lensa kontak. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, lebih baik memakai kacamata.

Meski demikian, apabila Anda memang benar-benar memilih memakai lensa kontak, pastikan untuk membersihkannya secara menyeluruh serta mengganti lensa dengan rutin.

3. Selalu sediakan obat tetes mata dalam tas atau di meja kerja Anda terutama jika Anda bekerja di depan komputer. Hal ini untuk mencegah lensa kontak kering dan membuat Anda merasa tidak nyaman dan gatal di area mata.

Gunakan obat tetes mata sesering yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki mata berair atau gatal yang disebabkan oleh alergi, cari obat tetes mata yang mengandung antihistamin. kornea mata Anda.

4. Pakai lensa kontak sesuai dengan aturan pakai. Kebanyakan lensa kotak dimaksudkan untuk dipakai selama hanya dua hingga empat pekan. Jika dipakai lebih dari itu maka, lensa kontak tersebut berisiko mengandung kotoran yang menumpuk yang dapat menyebabkan iritasi, infeksi mata, atau kerusakan permanen pada mata Anda.

5. Beri jeda untuk mata Anda berisitirahat dari lensa kontak. Mungkin memang sulit untuk menghentikan kebiasaan tersebut jika Anda memakai lensa kontak setiap hari, namun mata Anda membutuhkan kesempatan untuk bernapas. Anda dapat berselang-seling memakai lensa kontak dengan memakai kacamata selama beberapa jam dalam sehari sehingga oksigen dapat mencapai kornea mata Anda.

[Sumber]

Baca Artikel Menarik Lainnya:
Iklan

Posted on 13 Februari 2013, in Unik. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: