Wah..! Perampok Profesional Ini Gasak Berlian Rp482 Triliun

Belgia – Para perampok berhasil menerobos ketatnya pengamanan Bandara Internasional Brussels, Belgia, dan menggondol berlian senilai 37 miliar Euro atau setara Rp482 triliun dari kargo pesawat Helvetic.

Para petugas pengamanan bandara merasa terkecoh karena para perampok menyamar sebagai polisi dan menerobos masuk pada hari Senin pagi kemarin.

Diduga gerombolan perampok itu berhasil melarikan diri dan membawa berlian menggunakan dua kendaraan melalui pintu pagar bandara. Menghilangkan barang bukti, para perampok membakar kendaraan mereka tidak jauh dari lokasi.

Menurut juru bicara kejaksaan, Anja Bijnens, para perampok menggunakan topeng dan bersenjata. Mereka dikira polisi oleh petugas keamanan bandara, karena menggunakan dua kendaraan berwarna putih dengan tanda polisi melekat di kendaraan
tersebut.

Kemudian mereka menerobos batas pengamanan dan melaju mengejar pesawat Helvetic yang segera lepas landas. Perampok lalu memaksa petugas untuk membuka kargo dan mengambil berlian permata yang sudah dimuat.

“Para perampok mengambil sebagian muatan di dalam kargo. Ada sekitar 120 paket,” ujarnya seperti dikutip laman BBC, Selasa 19 Februari 2013.

Masih menurut juru bicara tersebut, para perampok ini melakukan aksinya dengan sangat baik. Tidak terdapat penembakan dan tidak ada satu pun yang terluka. Semua penyerbuan itu berlangsung dalam hitungan menit.

“Mereka benar-benar profesional,” ungkapnya.

Pihak kepolisian setempat saat ini tengah mencari delapan orang yang diduga merupakan pelaku aksi perampokan. Sementara perwakilan Pusat Berlian Dunia Antwerp, Caroline De Wolf, mengaku sangat gusar setelah
mengetahui kejadian perampokan ini.

“Nominal berlian itu sangat besar sekali,” tutur De Wolf.

Dia khawatir reputasi Antwerp sebagai pusat berlian yang paling aman dan ketat akan tercoreng. “Peristiwa perampokan ini benar-benar tidak masuk akal. Mereka dapat dengan mudah mengambil berlian itu. Ini sangat mengkhawatirkan karena pusat berlian lain sudah siap untuk mengambil alih posisi kami,” kata dia lagi.

Menurut salah satu juru bicara Pusat Berlian Dunia Antwerp yang tidak ingin disebut namanya, perampokan yang terjadi di Brussels ini merupakan kasus terbesar yang pernah terjadi. Antwerp dikenal sebagai pusat perdagangan berlian dunia. Diperkirakan lebih dari 150 miliar Euro batu berlian diperdagangkan di kota itu.

Baca Artikel Menarik Lainnya:
Iklan

Posted on 20 Februari 2013, in Dunia. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: