Hina Nabi Muhammad, Duta Besar Pakistan Terancam Hukuman Mati

Polisi Pakistan hari ini menyatakan Duta Besar Pakistan untuk Amerika Serikat, Sherry Rehman, telah menghujat Nabi Muhammad saat dirinya diundang dalam acara bincang-bincang di sebuah stasiun televisi tiga tahun lalu.

Situs asiaone.com melaporkan, Kamis (21/2), menurut peraturan pasal penghujatan berlaku di Pakistan, siapa saja yang dinyatakan terbukti mengucapkan kata-kata yang menghina Nabi Muhammad terancam hukuman mati. Namun, mereka yang benar-benar terbukti bersalah biasanya langsung dihakimi massa sebelum putusan pengadilan dijatuhkan.

Menurut dokumen pengadilan, Rehman sebelumnya sudah menghadapi ancaman hukuman mati dari militer Pakistan setelah dirinya menyebut agar Pakistan mereformasi peraturan anti-penghujatan. Dua politisi yang juga menyatakan hal sama telah dihukum mati.

Kasus terhadap Rehman sebetulnya diajukan oleh seorang pengusaha bernama Muhammad Faheem Gill. Lelaki 31 tahun itu mengatakan pernyataan dibuat Rehman mengenai peraturan di Pakistan di acara bincang-bincang di sebuah stasiun televisi tiga tahun lalu itu masuk dalam pasal penghujatan.

“Saya telah mengajukan kasus ini tiga tahun lalu, setelah saya melihat acara itu,” kata Gill. “Saya bahkan telah mengajukan masalah ini ke pengadilan tinggi. Saya senang akhirnya masalah ini diproses sekarang.”

Gill telah mengajukan masalah ini ke Mahkamah Agung Pakistan setelah polisi menolak menindaklanjuti masalah ini. Namun, pengadilan akhirnya memerintahkan polisi di Kota Multan untuk menyelidiki masalah ini.

Menurut laporan dikeluarkan Pusat Kajian untuk Keamanan, berkantor pusat di Ibu Kota Islamabad, kasus terkait pasal penghujatan semakin meningkat di Pakistan. Setidaknya 52 orang dituduh melakukan penghujatan dan telah dihukum mati sejak 1990.

Baca Artikel Menarik Lainnya:
Iklan

Posted on 22 Februari 2013, in Dunia. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: