Indonesia Punya 26 Klinik Bayi Tabung, tapi Pasien ke Luar Negeri

Indonesia sudah punya 26 klinik bayi tabung tapi banyak pasangan yang tetap memilih melakukan prosedur bayi tabung ke luar negeri. Bisa jadi ‘kaburnya’ pasien ke luar negeri karena kurangnya sosialisasi tentang program bayi tabung di Indonesia. “Saat ini di Indonesia sudah ada 26 klinik infertilitas dan bayi tabung di bawah naungan PERFITRI ( Perkumpulan Fertilitasai in Vitro Indonesia) yang tersebar di 11 kota besar di Indonesia. Klinik ini telah didukung oleh dokter profesional dan fasilitas terdepan,” ujar Dr. Budi Wiweko SpOG (K), Dokter Kandungan dan Kebidanan dari Klinik Yasmin RSCM dan Sekjen PERFITRI dalam Media workshop update on infertility & IVF (Bayi Tabung) in Indonesia, di Menara Peninsula Hotel, Jakarta, Selasa (26/3/2013).

Kesebelas kota besar yang dimaksud meliputi Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo,
Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, Depok, Magelang, dan Padang.

Sementara itu, dr. Indra C. Anwar SpOG, Ahli Kandungan dan Kebidanan dari Klinik Teratai RS Gading Pluit mengatakan, di Indonesia sebenarnya kasus infertil atau tidak subur sudah makin banyak. Ini bisa dipengaruhi nutrisi dan usia. Nutrisi berdampak pada kesehatan reproduksi serta bisa memengaruhi pembentukan dan pemeliharaan kehamilan.

“Kemajuan teknologi bayi tabung yang begitu pesat membantu mengurangi risiko kegagalan dan mempersiapkan keberhasilan program dengan menerapkan teknologi medis, laboratorium embriologi mutakhir dan juga persiapan aspek psikologis pasien. Teknologi bayi tabung di Indonesia kini berkembang dengan fasilitas yang terstandarisasi dan terpercaya,” ujar Dr. Budi Wiweko SpOG (K), Sekjen PERFITRI.

Teknologi In Vitro Fertilization (IVF) atau bayi tabung memungkinkan
terjadinya proses pembuahan antara sperma dan sel telur yang dilakukan di dalam laboratorium embriologi yang kemudian dimasukkan ke dalam rahim dengan bantuan alat manusia.

Proses yang dikenal dengan embrio transfer (ET) ini dilakukan dengan melakukan stimulasi untuk memacu pertumbuhan sel telur yang sehat, mengumpulkan sel-sel telur yang dihasilkan, menyeleksi sperma berkualitas terbaik, melakukan pembuahan dan pertumbuhan embrio di laboratorium, dan transfer embrio ke dalam rahim.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Posted on 26 Maret 2013, in Kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: