Benda Langit Misterius di AS Adalah Meteor?

Lebih dari 800 warga Amerika Serikat melapor melihat goresan cahaya terang di langit pesisir timur Amerika Serikat pada Jumat kemarin. Warga melihat fenomena ini paling lama sekitar 10 detik.

Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, menyatakan bahwa goresan cahaya misterius itu berasal sebuah meteor. Goresan cahaya itu melintas dan dilihat banyak warga di negara-negara bagian pesisir timur AS.

Menurut Bill Cooke, Ahli Meteor NASA, goresan cahaya itu adalah peristiwa meteor tunggal. Meteor itu seperti bola api yang sedang bergerak di langit.

“Dilihat dari kejadiannya, kami sedang berhadapan dengan sesuatu yang cahayanya seperti bulan purnama,” kata Cooke, dilansir Fox News, 25 Maret 2013.

Ia menjelaskan, fenomena goresan cahaya terjadinya pada malam hari dan jatuh di daerah padat. “Kejadian itu berlangsung pada pukul delapan malam, pasti banyak orang di luar sana yang melihatnya,” jelas Cooke.
Beda pendapat
Sementara Derrick Pitts, Kepala Astronom di Philadelphia Franklin Institute, menyatakan belum mempercayai goresan cahaya itu adalah sebuah meteor.

“Jika itu memang meteor, maka diperkirakan ukurannya sebesar bola voli,” kata Pitts.

Ia menuturkan, meteor yang jatuh ke bumi terjadi sepanjang waktu, tapi yang terjadi Jumat lalu di bagian pesisir timur AS telah dilihat oleh banyak orang.

“Saya belum yakin 100 persen kalau goresan cahaya misteruis itu adalah meteor, kecuali benar-benar jatuh di tanah dan terlacak lintasannya,” tutup Pitts.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Posted on 27 Maret 2013, in Dunia. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: