Inilah 10 Kawah Meteor Terbesar di Muka Bumi

Kendati Asteroid 2012 DA14 nyaris “mencumbu” Bumi pada Februari silam batu angkasa yang berlari liar di alam semesta itu bukan tidak pernah menyambangi Bumi. Bahkan, kalau dipaparkan, asteroid dan Bumi boleh dibilang cukup akrab, mempunyai sejarah panjang. Tidak percaya?

Asteroid bernama 2012 DA14 memang menoreh rekor baru sebagai asteroid yang terbang terdekat ke Bumi dalam catatan sejarah. Tapi, bukan berarti asteroid tidak pernah sampai ke daratan. Seperti manusia, nasib Bumi pun tidak selamanya mujur.

Kawah-kawah di Bumi menjadi wasiat abadi bahwa asteroid pernah “mampir.” Namun, setelah jutaan tahun, bahkan mungkin miliaran, bentuk kawah tersebut berubah karena erosi, yang membuat manusia sulit untuk memperkirakan besar meteroit secara persis.

Ada konsensus ilmiah umum terkait kawah terbesar di dunia, yang menjadi jejak asteroid. Berikut sepuluh di antaranya, yang dirangkum oleh National Geographic

1. Kawah Vredefort

Tanggal peristiwa asteroid: 2 miliar tahun yang lalu (estimasi)
Lokasi: Free State, Afrika Selatan
Spesifikasi: Juga dikenal dengan sebutan Dome Vredefort, kawah Vredefort memiliki jari-jari diperkirakan 118 mil, setara 190 kilometer, membuat struktur kawah ini sebagai dampak terbesar asteroid yang populer di dunia. Kawah ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005.

2. Sudbury Basin

Tanggal peristiwa asteroid: 1,8 miliar tahun yang lalu (estimasi)
Lokasi: Ontario, Kanada
Spesifikasi: The Basin Sudbury dianggap sebagai salah satu struktur dampak Asteroid terbesar di Bumi, dengan diameter diperkirakan 81 mil (130 kilometer). Mengingat usianya 1,8 miliar tahun yang lalu, struktur ini juga dikenal sebagai salah satu struktur tertua di dunia.

3. Kawah Acraman

Tanggal peristiwa asteroid: 580 juta tahun yang lalu (estimasi)
Lokasi: Australia Selatan, Australia
Spesifikasi: Terletak di lokasi yang sekarang dikenal sebagai Danau Acraman. Struktur dampak asteroid berdiameter kurang lebih 56 mil (90 kilometer).

4. Kawah Woodleigh

Tanggal peristiwa asteroid: 364 juta tahun yang lalu (estimasi)
Lokasi: Australia Barat, Australia
Spesifikasi: Kawah ini tidak tersingkap di permukaan dan telah menyebabkan banyak perbedaan mengenai ukuran sebenarnya. Laporan diameter bervariasi 25-75 mil (40 sampai 120 kilometer).

5. Kawah Manicouagan

Tanggal peristiwa asteroid: 215 juta tahun yang lalu (estimasi)
Lokasi: Quebec, Kanada
Spesifikasi: Sekarang kawah ini berbentuk danau Manicouagan. Meski terkena dampak erosi, kawah ini dianggap sebagai salah satu kawah terbesar dan paling awet di Bumi. Berdiameter sekitar 62 mil (100 kilometer).

6. Kawah Morokweng

Tanggal peristiwa asteroid: 145 juta tahun yang lalu (estimasi)
Lokasi: North West, Afrika Selatan
Spesifikasi: Terletak dekat Gurun Kalahari di Afrika Selatan, kawah ini masih menyimpan sisa-sisa fosil meteorit yang menghantamnya.

7. Kawah Kara

Tanggal peristiwa asteroid: 70,3 juta tahun yang lalu
Lokasi: Nenetsia, Rusia
Spesifikasi: Sekarang sangat terkikis, kawah Kara kini hampir tidak terlihat sebagai struktur di Rusia. Beberapa orang menyatakan bahwa struktur dampak meteor ini sebenarnya terdiri dari dua kawah yang
berdekatan.

8. Kawah Chicxulub

Tanggal peristiwa asteroid: 65 juta tahun yang lalu (estimasi)
Lokasi: Yucatán, Meksiko
Spesifikasi: Terletak di Semenanjung Yucatán di Meksiko. Banyak ilmuwan percaya bahwa meteorit yang meninggalkan kawah besar menjadi salah satu penyebab punahnya dinosaurus. Perkiraan rentang diameter kawah ini diralat dari 106 menjadi 186 mil (170 menjadi 300 kilometer), yang jika benar terbukti, ini bisa menjadi kawah meteor terbesar di Bumi.

9. Kawah Popigai

Tanggal
peristiwa asteroid: 35,7 juta tahun yang lalu (estimasi)
Lokasi: Siberia, Rusia
Spesifikasi: Ilmuwan Rusia mengklaim bahwa kawah ini berisi triliunan karat berlian, yang menjadikannya salah satu deposito berlian terbesar di dunia. Belakangan berlian yang ditemukan di sini dinamakan “berlian meteor.”

10. Kawah Chesapeake Bay

Tanggal terjadi asteroid: 35 juta tahun yang lalu (estimasi)
Lokasi: Virginia, Amerika Serikat
Spesifikasi: Ditemukan pada awal tahun 1980, Chesapeake Bay Kawah ini terletak sekitar 125 mil (201 kilometer) dari Washington, DC. Sejumlah perkiraan mengatakan kawah ini berdiameter 53 mil (85 kilometer).

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Posted on 4 April 2013, in Dunia. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: