Bermodalkan Blog, Komplotan Penipu Raup Rp109 Juta

Dua orang penipu dengan mengatasnamakan PT AbhiPatra Mudawana, berhasil ditangkap Sub Direktorat Cyber Crime Ditkrimsus Polda Metro Jaya. Dalam melakukan aksinya, kedua orang ini menggunakan blog yang berisi bahwa perusahaan mereka menyewakan dan menjual alat-alat berat.

“Blog yang cantumkan harga ini membuat percaya korban. Merasa tertarik, korban hubungi nomor yang pasang iklan. Setelah uang dikirim, dicek lagi oleh korban karena barang tidak juga ada,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Rabu 8 Mei 2013.

Akibat penipuan ini, korban yang bernama Bernardus Dwijoga Pradana Iswara mengalami kerugian hingga Rp109 juta. Awalnya Bernardus bermaksud menyewa crane, kemudian melakukan transfer ke rekening Bank Mandiri milik PT AbhiPatra Mudawana.

Dari hasil penyelidikan, polisi kemudian menangkap dua orang pelaku. Sedangkan dua pelaku lainnya masih buron. “Dua pelaku masih pencarian yaitu WU yang berperan pemberi masukan tentang teknik alat berat dan MD yang berperan sebagai penyedia dan pemilik tabungan atas nama perusahaan tersebut,” ucapnya.

Para pelaku diancam terkena pasal 378 KUHP tentang penipuan dan pasal 28 ayat 1 UU ITE tentang perbuatan merugikan konsumen dalam transaksi elektronik.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Posted on 12 Mei 2013, in Kriminal. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: