Piramida Suku Maya Dihancurkan Demi Pembangunan Jalan

palinganeh.com – Sebuah situs bersejarah dunia dihancurkan hanya gara-gara hal sepele. Ya, begitu yang terjadi di Belize, negara kecil di wilayah Karibia.

Dilansir National Geographic, Minggu 26 Mei 2013, sebuah piramida peninggalan suku Maya di sana diruntuhkan demi pembangunan jalan raya.

Beberapa buldozer milik perusahaan konstruksi di Belize berusaha meruntuhkan piramida besar, yang berada di situs Nohmul merupakan satu dari 15 situs Maya yang cukup penting di dunia.

Direktur Penelitian di Belize Institute of Archaeology, John Morris mengatakan piramida besar yang diruntuhkan itu, diperkirakan telah dibangun pada 300 tahun Sebelum Masehi.

Lembaga Nasional Budaya dan Sejarah Belize sebelumnya telah mencatat, situs itu terus dihancurkan oleh kru konstruksi jalan yang melibas gundukanl.

Menurut Morris, situs yang diruntuhkan itu dilindungi secara hukum oleh undang-undang. Pihaknya pun tak akan tinggal diam.

Bersama pemerintah setempat, Belize Institute of Archaeology segera menyelidiki kerusakan dan memastikan orang yang bertanggung jawab atas hancurnya piramida suku Maya tersebut, bahkan tak segan menempuh jalur hukum dan menyeretnya ke pengadilan.

Situs Nohmul memang belum dikembangkan untuk pariwisata, tapi telah digali sejak awal 1900-an, setelah pertama kali tercatat sebagai situs pada 1897 silam.

Posted on 26 Mei 2013, in Dunia. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: