Gila, Ada mesin Penyaring Keringat Jadi Air Minum

Ada mesin Penyaring Keringat Jadi Air MinumMeminum air hasil penyulingan keringat, apakah pernah terfikir oleh anda? Inilah sebuah mesin yang di desain khusus untuk menyuling keringat yang pastinya tak terfikir oleh anda, Kini keringat yang biasa anda seka dengan kain lap, handuk, atau tisu, nah kini anda bisa memanfaatkan keringat anda untuk di jadikan air minum, wah gimana nih ya rasanya kok risi, seperti zaman sudah krisis air saja,

Inilah hasil penemuan sorang insinyur asal Swedia, Andreas Hammar, yang punya ide gila. Dia memutar otak untuk menciptakan sebuah mesin yang bisa mengubah keringat menjadi air segar yang bisa diminum. Dan, berhasil.

Secara prinsip, mesin khusus itu bekerja dengan memutar dan memanaskan pakaian yang basah kuyup karena keringat. Kemudian keringat menguap pada membran khusus yang bertujuan menyaring molekul air saja.

“Mesin menggunakan teknik yang disebut penyulingan membran,” ujar Hammar, dikutip BBC, Jumat 19 Juli 2013.

“Kami menggunakan zat pokok yang sedikit seperti Gortex. Gortex hanya memungkinkan uap air lewat tapi mengeluarkan bakteri, garam, serat pakaian, dan lainnya,” tambahnya.

Hammar mengatakan, bagian penting dari mesin keringat itu adalah komponen pemurni air baru yang dikembangkan sebuah perusahaan lokal HVR bekerja sama dengan Royal Institute of Technology Swedia.

Ia menambahkan, mesin itu memiliki kemampuan yang sama dengan mesin ruang angkasa internasional (ISS) dalam mengolah urin astronot. “Tapi, mesin kami lebih murah pembuatannya,” ujarnya.

1 T-shirt = 1 teguk air

Berapa banyak jumlah air yang dihasilkan mesin? Hammar menjelaskan, itu tergantung seberapa banyak keringat yang dihasilkan seseorang. Sebagai gambaran untuk keringat satu T-shirt, biasanya menghasilkan 10 ml air. “Itu kira-kira seteguk saja,” tambahnya.

Mesin itu telah diuji coba pada gelaran Piala Gothia, sebuah turnamen sepakbola muda internasional terbesar di dunia. Hammar mengatakan, mesin itu telah digunakan oleh 1.000 orang di Gothenburg, Swedia, Senin lalu saat diluncurkan.

Uniknya lagi, cairan yang dihasilkan mesin itu disebutkan lebih bersih dari air kran lokal.

Manfaat mesin itu disambut positif berbagai kalangan. Mattias Ronge, kepala eksekutif biro iklan asal Stockholm, Deportivo, mengatakan mesin telah membantu meningkatkan kesadaran UNICEF. Tapi sayang, mesin masih punya keterbatasan.

“Orang-orang belum menghasilkan keringat sebanyak yang diharapkan, kebetulan cuaca di sini sedang buruk (dingin),” kata Ronge.

Untuk itu, pihaknya tidak putus asa. Akhirnya, mereka pun memanfaatkan mesin itu di tengah pengalaman bersepeda. Dan ternyata antusiasmenya sangat tinggi.

Kendati demikian, untuk menghasilkan air minum yang lebih besar butuh keringat yang lebih banyak. Dan satu lagi, mesin ini tidak diproduksi secara massal.

Konteks pembuatan mesin itu adalah untuk memenuhi kebutuhan UNICEF yang mengampanyekan air bersih. Fakta menunjukkan 780 juta orang di dunia kekurangan akses air bersih.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Posted on 19 Juli 2013, in Unik and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: