Bungkus Rokok Tak Bergambar Lecehkan Pemerintah

Bungkus Rokok Bergambar Penyakit

Mengantisipasi jumlah perokok di indonesia yang semakin bertambah, pihak pemerintah berupaya untuk mencegahnya dengan memeberikan peringantan berupa teks yang wajib di sematkan dalam setiap bungkus rokok, namun agaknya peringatan bentuk teks ini tidak membuahkan hasil, jumlah perokok tetap terus meningkat, mereka yang dari usia remaja, berawal hanya iseng menghisap rokok, namun tak sadar ke isengannya justru keterusan hingga pada akhinya jadi pecandu rokok.

Pemerintah dalam upaya memberikan peringatan kepada segenap warga di seluruh indonesia tak berhenti di situ, kali ini pihak pemerintah melakukan cara baru, yakni setiap bungkus rokok di wajibkan menyematkan gambar organ tubuh manusia yang telah rusak akibat merokok, menyematkan gambar tersebut dalam setiap bungkus rokok ini di mulai sejak tanggal 24 juni 2014 bulan lalu, dan alhasil kini nyaris setiap bungus rokok selalu terdapat gambar bentuk-bentuk organ tubuh manusia yang rusak.

Apakah cara ini berhasil membuat ngeri sebagian besar masyarakat? mereka para pecandu tetap saja membeli rokok walau sejatinya ia tahu akibat buruk dari merokok,

Banyak yang hanya merasa ngeri melihat gambar bungkusnya, beberapa perokok yang tak nyaman dengan bungkus tersebut biasanya menggantinya denga bungkus lain atau di silet untuk membuang gambar,

Meski banyak bungkus rokok yang telah bergambar organ tuhuh rusak akibat nerokok, namun rupanya masih ada saja yang masih belum menyematkan gambar tersebut, hal ini di klaim sebagai pelecehan terhadap pemerintah.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Dewan Pembina Komisi Nasional Pengendalian Tembakau Kartono Mohammad mengungkapkan, dirinya juga masih menemukan bungkus rokok tanpa gambar di beberapa minimarket. Padahal aturan mengenai gambar jelas terdapat pada Peraturan Pemerintah No 109 Tahun 2014 tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Produk Tembakau Bagi Kesehatan.

“Masih banyak kok sampai sekarang bungkus rokok yang tidak bergambar,” katanya saat menghadiri  forum media FCTC versus RUU Pertembakauan di Hotel Sahid, Jakarta, ditulis Rabu (27/8/2014).

Jika dibiarkan seperti ini, kata Kartono, sama saja berarti pemerintah dipermainkan dan bahkan dilecehkan. “Aturan itu jadi cuma sekedar aturan. Ini jelas pemerintah dilecehkan,” tegasnya.

Sebelumnya, penerapan peringatan kesehatan bergambar dan tertulis ini berlaku bagi semua produk rokok dibuat oleh 672 perusahaan, terdiri dari 669 industri dan 3 importir. Juga 3.363 merek rokok yang terdiri atas 108 industri dan 666 merek. Dan jika melanggar, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan memberikan surat teguran tertulis dan pembinaan.

Posted on 27 Agustus 2014, in Gaya Hidup. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: